Contoh pembelian dan penjualan 5 atau lebih teks negosiasi dan strukturnya [SINGKAT]

Tahukah Anda apa itu negosiasi? Negosiasi sama dengan prinsip negosiasi. Dalam kegiatan sehari-hari, kita sering bernegosiasi dengan orang lain.

Misalnya, saat berbelanja di pasar tradisional, Anda mendengar percakapan antara pembeli yang terus menawarkan dengan harga yang ditentukan oleh penjual. Setelah kesepakatan antara para pihak, proses perdagangan transaksi berlangsung.

Hal yang sama berlaku untuk teks negosiasi yang bertujuan menemukan penyelesaian untuk menghasilkan konsensus yang bermanfaat. Sekarang, dalam artikel ini, saya akan memberikan beberapa contoh teks tawar-menawar yang akan membantu Anda memahami konsep teks tawar-menawar. Sekarang lihat deskripsi di bawah ini.

Contoh teks negosiasi

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks negosiasi diartikan sebagai proses negosiasi dengan cara berunding antara satu pihak dengan pihak lainnya untuk mencapai kesepakatan bersama. Oleh karena itu, negosiasi hanya terjadi ketika dua orang atau lebih sedang melakukan percakapan untuk bertukar pikiran untuk memecahkan masalah bersama.

Berikut ini adalah contoh teks negosiasi yang termasuk dalam bentuk percakapan atau dialog antara dua pihak dalam situasi dan kondisi yang berbeda.

Contoh teks negosiasi penjualan

Contoh teks negosiasi penjualan

Kecuali barang atau produk tersebut dibandrol dengan harga yang tepat, proses negosiasi masih sering terjadi dalam kegiatan perdagangan. Berikut ini adalah contoh teks negosiasi antara penjual semangka dengan pembeli.

orientasi

Pembeli: “Pagi trout. Apakah Anda menjual semangka kuning di sini?”

Penjual: “Ya, istri. Semangka kuningnya baru saja dipanen.”

permintaan

Pembeli : “Berapa harga per kilonya?”

Penjual : “Harga 1 kg itu Rp 4.500 kak. Satu buah semangka beratnya sekitar 2,5 kg.”

Menawarkan

Pembeli: “Harganya tidak bisa diturunkan, trout? Saya mau beli 5 trout untuk sesi membaca,” katanya.

pemenuhan

Penjual: “Hmm, berapa yang Anda ingin menawar?”

Pembeli : “1 kg harganya Rp 3.000.00 bujur sangkar, bagaimana?”

Persetujuan

Penjual : “Wah, tidak bisa pak. Saya naikkan sedikit menjadi Rp3.500,00 per kilogram. Apa kabar, istri?”

Pembeli: “Hmm, ya, ikan trout. Coba pikirkan, ikan trout.”

Membeli

Penjual : “Semuanya Rp 43.000,00 Ms. Ini semangka, Sith.”

Tutup

Pembeli : “Ini uang mas. Terima kasih.”

Penjual: “Selamat datang, istri.”

Contoh teks negosiasi di sekolah

Contoh teks negosiasi di sekolah

Di bawah ini adalah contoh buku teks negosiasi antara guru dan ketua kelas di sekolah.

pembukaan

Wali Kelas: “Andre, apa pendapat anggota kelas tentang study tour di Bandung Science Center? Apakah mereka setuju?”

Andre: “Setuju, istri. Tapi mereka meminta untuk mengubah tanggal keberangkatan.”

Wali kelas: “Lho, kenapa?”

Isi

Andre: “Hei, istri, ketika saya pergi pada hari Kamis, saya tidak setuju karena salah satu teman saya tidak dapat datang karena penyakit saya.”

Wali kelas: “Baiklah, saya setuju untuk berbicara dengan kepala sekolah.”

Andre: “Apa kabar istrimu? Kami bersatu karena kami belum bisa datang pada hari Kamis.”

Wali kelas: “Ups, ibuku menyiapkan semuanya.”

Andre: “Kalau tidak begini, istrimu. Saya dan teman saya akan menemui kepala sekolah untuk membicarakan rencana ini.”

Tutup

Wali kelas: “Kalau begitu, saya akan memberi tahu Anda sesegera mungkin.”

Andre: “Baiklah istri”

Contoh teks negosiasi untuk 3 orang

Contoh teks negosiasi untuk 3 orang

Contoh berikut adalah teks negosiasi tiga orang di lingkungan sekolah.

Sepulang sekolah, Ani, Lina, dan Sari kembali membahas rencana kerja kelompok untuk membuat tugas sejarah.

pembukaan

Ani: “Teman-teman, apa rencana kerja kelompokmu untuk sore ini?”

Lina: “Maaf semuanya. Sepertinya aku tidak bisa melakukannya sore ini karena ibuku harus menjaga adiknya saat dia pergi ke pasar.”

Sally: “Saya bisa melakukannya sore ini, tapi terserah Anda seperti apa kesepakatannya.”

Isi

Ani: “Itu dia. Saya sedang mengerjakan kerja kelompok di rumah Lina. Jadi Lina bisa menjaga adiknya di rumah. Bagaimana?

Lina: “Yah, tidak apa-apa. Lagi pula, aku khawatir tugas akan dikumpulkan lusa dan tidak akan selesai. Kalau tidak, aku akan mulai bekerja hari ini.”

Selly: “Saya setuju.”

Tutup

Ani : “Oke sob, kita ketemuan di rumah Lina jam 4 sore.”

Contoh teks negosiasi untuk 4 orang

Contoh teks negosiasi untuk 4 orang

Di bawah ini adalah contoh teks negosiasi empat orang yang terbentuk dalam percakapan tentang penjualan tanah.

orientasi

Sekretaris: “Pagi, istri. Perkenalkan saya, sekretaris yang Anda telepon kemarin tentang tanah yang akan Anda jual.”

Pemilik Tanah: “Pencetusnya dari Karya Makmur ya?”

Sekretaris dan Direktur: “Ya, istri.”

permintaan

Sekretaris: “Berapa banyak lahan yang Anda siapkan?”

Pemilik tanah: “Harganya sekitar 3 juta.”

Menawarkan

Direktur: “Bukankah itu sangat mahal, istri?”

Suami pemilik tanah: “Saya rasa tidak, guru. Lokasinya sangat strategis dan tidak terlalu jauh dari kota, jadi guru.”

Sekretaris: “Bagaimana kalau meminta penawaran 2M, istri?”

pemenuhan

Pemilik tanah: “Wah, penurunannya jauh sekali. Paling-paling $ 2,5 juta. Jika Anda membutuhkannya, jika tidak, Anda tidak akan melepaskan tanah itu.”

Sutradara: “Oke, saya setuju dengan tawaran ibu saya.”

Tutup

Sekretaris: “Terima kasih atas kerja sama Anda, istri”

Pemilik tanah: “Selamat datang”

Teks negosiasi resolusi perselisihan Contoh teks

Teks negosiasi resolusi perselisihan Contoh teks

Pada hari Minggu, keluarga Park Ant mengadakan arisan dengan hiburan musik. Suatu ketika, tetangga Ant terganggu oleh musik karena matahari sedang terik.

pembukaan

Tetangga: “Assalamu’alaikum, Semut. Bisakah Anda memperlambat musiknya sedikit? Anda tidak dapat mendengar banyak ketika panas sekali.”

Pak Semut: “Salam dari Waalaikum. Ups, maaf. Keluarga saya tidak ingat era Carocean ini. Masih terjadi seperti ini di siang hari.”

Isi

Tetangga: “Ya, Semut tidak apa-apa. Tolong kecilkan suaramu sedikit.”

Semut: “Oke, saya sudah bilang untuk mengecilkan volume,” katanya.

Tutup

Tetangga: “Terima kasih.”

Park Ant: “Sekali lagi saya minta maaf, saya minta maaf atas ketidaknyamanan ini.”

Beberapa Disini Contoh teks negosiasi Struktur tersebut digunakan dalam kondisi yang berbeda. Semoga artikel di atas bermanfaat. Terima kasih banyak.

0 Response to "Contoh pembelian dan penjualan 5 atau lebih teks negosiasi dan strukturnya [SINGKAT]"

Posting Komentar