Pengalaman saya mengklaim garansi laptop di HP Service Center

Sebenarnya pengalaman yang saya bagikan di artikel ini sudah lama ingin saya tulis. Namun karena kesibukan yang menumpuk, saya terus menunda penulisan artikel ini nanti, nanti, dan nanti.

Kali ini akan sedikit berbagi pengalaman klaim garansi laptop di HP Service Center.

Baru sekitar empat bulan yang lalu, laptop kakak saya bermasalah dengan kipasnya. Lebih tepatnya, kipas laptop mati.

Seperti yang kita ketahui, kipas laptop merupakan komponen yang cukup penting. Kehadiran kipas ini sangat membantu dalam mengurangi panas yang dihasilkan oleh laptop. Dengan bantuan kipas ini, panas yang dihasilkan oleh laptop dapat dikeluarkan melalui sirkulasi udara dari laptop itu sendiri.

Saat kipas laptop rusak, tidak ada komponen yang membuang panas, dan akibatnya …

… .. Hanya dalam beberapa menit penggunaan, panasnya luar biasa.

Selain itu, pada boot pertama, Anda akan diberitahu bahwa ada masalah dengan kipas laptop Anda. Jika terus seperti itu sama saja dengan bunuh diri, tapi overheating lambat laun bisa merusak bagian-bagiannya, sehingga akhirnya laptop adikmu akan rusak. Saya tidak sempat mengambil screenshot notifikasi error tersebut, namun isi notifikasinya kurang lebih seperti ini:

Sistem telah mendeteksi bahwa pendinginan tidak bekerja dengan benar.

Pengoperasian terus-menerus tidak disarankan dan dapat menyebabkan perilaku yang tidak terduga, yang mengakibatkan shutdown acak, kehilangan data, atau kerusakan sistem. Sistem mati dalam 15 detik. Tekan Enter di sini untuk mencegah shutdown dan melanjutkan operasi.

Kipas sistem (90B)

ENTER-Lanjutkan untuk memulai

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.hp.com/go/techcenter/startup.

Saya berpikir untuk membersihkan laptop saya dengan kompresor. Kipas mungkin berhenti berputar karena debu atau sejenisnya. Saya memiliki masalah yang sama dengan laptop saudara perempuan saya selama magang, jadi tidak apa-apa untuk mengompresnya saja.

Soalnya garansi bisa gagal karena laptop harus dibongkar dulu. Selain itu, jika ada debu di atasnya, atau jika kipas berhenti, masalahnya bisa rumit nanti.

Pertanyaan selanjutnya adalah saya tidak punya kompresor, haruskah saya pergi dengan mudah dengan tambal ban atau bengkel saya? Huuuf, buruk ah.

Saya memutuskan untuk pergi ke service center HP di Surabaya di Jalan Raya Gubeng No.32C.

Waktu untuk pergi …

Saya pergi ke sana dengan kereta api sendirian. Saya berangkat sekitar jam 9 pagi dan sesampainya di Surabaya saya mencari lokasi service center.

Setelah mencari beberapa menit (sekitar 30 menit berjalan kaki), akhirnya saya menemukannya. Melihat HP Service Center dari depan, tampilannya seperti ini:

Service center HP terlihat dari depan

Setelah membuka pintu masuk ruang service center, beberapa orang sedang memperbaiki/mengklaim garansi untuk printer dan smartphone mereka. Kamarnya luas dan memiliki beberapa TV LED di beberapa sudut ruangan.

ruang tunggu service center hp surabaya

ruang service center hp surabaya

Saya diajak Pak CS untuk mengambil kertas cue terlebih dahulu. Mesin cue berada di sisi kanan ruangan, di sisi kanan alun-alun bersandar pada cue chair (baju coklat lengan panjang).

ruang service center hp surabaya

ruang service center hp surabaya

Saya juga menekan tombol (mengingat tombol merah) dan mengambil kertas isyarat.

Setelah menunggu sekitar 30 menit, nomor antrian saya dipanggil. Setelah duduk di kursi yang telah disiapkan, Pak CS yang melayani saya menyambut saya dengan senyum lembut.

“Ada yang bisa saya bantu?” Tanya CS.

Ia pun menjelaskan masalah yang terjadi pada laptop adiknya. Selanjutnya Bp CS meminta nota pembelian laptop untuk melihat apakah laptop tersebut masih dalam masa garansi.

Ketika Anda juga memberikan kartu garansi.

.. Ibunya berkata, “Oh tidak, bawa kartu garansi.”

Dia mulai memasukkan informasi laptop saya seperti nomor seri.

Katanya spare partnya kosong, jadi harus indent dulu, saya setuju. Dia juga menjelaskan bahwa perbaikan laptopnya juga bisa dilacak melalui kertas informasi yang diberikan kepada saya.

Saya memasukkan laptop saudara perempuan saya ke dalam kotak plastik, dan saudara perempuannya meminta saya untuk menandatangani sertifikat. Yang paling saya ingat adalah teks captionnya.

Jika produk jadi tidak diterima dalam waktu 3 bulan, barang tersebut akan dimusnahkan

Babon, itu pernyataan yang mengerikan. Jangan dipikirkan, saya akan segera menandatangani pernyataan/perjanjian.

Setelah penandatanganan, satu diberikan kepada saya untuk membuktikan bahwa saya memiliki barang tersebut, dan yang lainnya dibawa oleh Pak. Setelah menerima kertas itu, sang ibu kembali bertanya, “Ada lagi yang bisa saya bantu?”

Lagi-lagi saya masih muda, jomblo, dan belum menikah, hahaha.

Tidak terima kasih. Jangan lupa untuk memberitahu kami ketika suku cadang tiba.

“Ya, Pak,” jawabnya sambil tersenyum.

Juga, mengucapkan selamat tinggal, saya langsung pergi ke mal berteknologi tinggi dan menghabiskan waktu berjalan-jalan.

Toh, jadwal pulang kereta yang saya naiki masih lama, kurang dari lima jam. Masak, kamu harus menunggu kereta sendirian di stasiun, itu membosankan. 😀

Setelah berkeliaran seperti orang yang berkeliaran, akhirnya saya kembali ke stasiun dan memutuskan untuk berdoa sebentar di mushola dekat stasiun.

Akhirnya, waktu keberangkatan kereta yang saya tumpangi semakin dekat. Saya akhirnya tiba di rumah tercinta dalam waktu sekitar satu jam. Langsung ke kamar tidur, hahaha.

Keesokan harinya, saya langsung melacak perbaikan laptop kakak saya melalui web dan pertama kali memasukkan ID pada pernyataan yang dia kirimkan kemarin. Ada informasi bahwa laptop masih menunggu suku cadang.

Terima panggilan dari Pusat Layanan HP

Beberapa hari kemudian saya cek lagi dan kirim suku cadang, dan akhirnya seminggu…

….. Saya mendapat telepon dari pusat layanan, tetapi suaranya sama dengan yang melayani saya saat itu. Dia memberi tahu bahwa laptopnya telah diperbaiki dan dapat dipulihkan sekarang.

Saya sangat senang mendengarnya dan langsung memberi tahu kakak saya bahwa laptop saya telah diperbaiki. Dia senang dengan berita itu, jadi senyum bahagia keluar dari mulut kakakku.

Beberapa hari kemudian, saya langsung pergi ke Surabaya untuk mengambil laptop kakak saya. Seperti biasa, saya sendirian di kereta. Saya langsung pergi ke HP Service Center dan langsung menekan tombol untuk mendapatkan nomor antrian.

Setelah nomor cue dipanggil, Pak CS duduk. CSnya beda. Bukan orang yang sama yang melayani saya ketika saya mengklaim garansi.

Saya memberikan bukti bahwa dia telah menerima barang tersebut, dan saudara perempuannya mulai memeriksa dan menyuruh rekannya di belakangnya untuk membawa laptopnya.

Kemudian laptop di hidupkan pak dan saya disuruh cek. Dekatkan telinga Anda ke tempat kipas berada. Siiip dah, suara angin puyuh lembut menggema di telingaku.

Saya juga mengatakan kepadanya bahwa laptop saya sudah sembuh. Dia kemudian menyerahkan pernyataan untuk menandatangani bahwa laptopnya diambil. Saya mengucapkan selamat tinggal kepada ibunya dan ingat untuk berterima kasih padanya.

Klaim garansi di service center hp

Alhamdulillah laptop kakak bisa dipakai seperti biasa. Misalnya, jika Anda memiliki masalah lain dengan laptop Anda (tidak menyebabkannya), jangan ragu untuk kembali ke HP Service Center Surabaya.

Kesimpulan

Saya sangat senang dengan pelayanan yang diberikan oleh HP. Pak cs ramah, murah senyum, dan berhati dingin, hihihi.

Tak hanya itu, klaim garansi pun tidak rumit. Belum lagi hehehe, pendiri HP, bukan karyawan HP. Oleh karena itu, artikel ini hanya sebuah pengalaman dan tidak dimaksudkan untuk menekankan Pusat Servis HP. Oleh karena itu, lebih baik ambil yang positif saja dan buang yang negatif.

Anda mungkin memiliki pengalaman sendiri dalam mengklaim garansi untuk produk elektronik seperti laptop. Jika Anda memilikinya, silakan bagikan di bagian komentar. 🙂

0 Response to "Pengalaman saya mengklaim garansi laptop di HP Service Center"

Posting Komentar